Jumat, 04 Desember 2009

.demam facebook.

Sabtu, 4 Juli 2009


.gua baru nemu nitulisan.
.baca aja

nx-g900_wwwnexiancoid-editMASYARAKAT Indonesia makin tergila-gila dengan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Mereka pun memburu ponsel pintar demi memuaskan hasrat itu. Karenanya, jangan heran jika para produsen ponsel tak ingin ketinggalan meramaikan pasar ini. Salah satunya adalah ponsel asal China, Nexian.

Produk itu adalah Nexian-G900. Handphone yang sepintas mirip BlackBerry ini menawarkan fasilitas untuk memudahkan koneksi Facebook dan chatting. Dan, yang lebih menarik lagi, dengan fasilitas seperti itu, Nexian melepas G900 cuma seharga Rp 1,3 juta. Bahkan, di ajang International Cellular Show, Jakarta International Convention Center (JICC) beberapa waktu lalu, handphone ini hanya dibanderol seharga Rp 990.000. Karenanya, jangan heran jika masyarakat rela mengantre layaknya menunggu giliran Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau sembako.

Hingga awal Juni 2009, PT Metrotech Jaya Komunika, distributor Nexian, sudah menjual sekitar 100.000 unit G900. Tapi, penjualan ponsel ini masih dilakukan secara bundling dengan operator Excelcomindo (XL).

GM Penjualan XL Handono Warih mengatakan, demam Facebook memang ikut memicu ledakan penjualan G900. “Apalagi orang Indonesia memang cukup narsis. Senang dilihat dan melihat,” ujar Handono. Terbukti maniak Facebook yang duitnya pas-pasan bisa puas membeli G900 yang masuk kategori ponsel low end.

Meski fitur Facebook di setiap ponsel berbeda, tapi G900 ini menyediakan semacam icon atau shortcut Facebook. Sehingga dengan sekali klik langsung tersambung ke situs itu.

Sedangkan di ponsel lain seperti BlackBerry, fitur Facebook sudah berupa on-device portal (ODP). Artinya, ponsel pintar bikinan Research in Motion (RIM) Kanada ini menyediakan aplikasi langsung ke Facebook sehingga pengguna BlackBerry bisa mengakses Facebook secara realtime. “Jadi, bisa langsung meng-upload foto yang diambil pakai ponsel,” tutur Handono.

ODP, ujar Handono, memberikan kemudahan karena aplikasi tertanam di ponsel sehingga interaksi dengan pengguna menjadi cepat. Ini berbeda dengan koneksi WAP portal yang membutuhkan banyak komunikasi antara device dan WAP server melalui GPRS. “BlackBerry memang bekerjasama dengan Facebook,” ujar Handono. XL adalah salah satu operator yang menjual paket bundel BlackBerry di Indonesia.

Handono menambahkan, berbeda dengan ponsel lain, semua ponsel BlackBerry sudah menyediakan fitur Facebook. “Jadi, pasar kami memang beda dengan vendor lain,” tandas Handono.

Selain anak-anak muda, pelanggan bundling BlackBerry XL yang memakai ponsel untuk Facebook adalah ibu-ibu rumahtangga. “70% dari pelanggan mengakses Facebook,” imbuh Handono. Walhasil, tren ke depan, ponsel untuk Facebook memang masih sangat cerah.
Tren Facebook

Tak mau kalah dari BlackBerry, pemain utama di pasar ponsel, Nokia, juga menawarkan ponsel yang memanjakan maniak Facebook. “Tanggal 20 Juni nanti, kami meluncurkan N97,” kata Trisnawan Tjipto, Manajer Produk Nokia Indonesia.

Vendor asal Finlandia ini menawarkan fitur baru di N97, yakni widget. Sehingga, beberapa aplikasi pilihan seperti situs jejaring sosial Facebook atau Twitter tersedia di layar ponsel. “Widget yang terpasang akan otomatis aktif feed-nya,” ujar Trisnawan.

Walhasil, saat pengguna memilih widget Facebook, secara otomatis, setiap ada pesan atau notifikasi baru akan langsung ter-update. “Pengguna juga bisa langsung meng-upload foto di Facebook,” imbuh Trisnawan. Dia yakin, ponsel pintar seharga Rp 8 juta ini bakal diburu penggemar gadget.

Sementara itu, Samsung sudah memetik keuntungan dari para maniak Facebook. Eric Suryana, Manajer Produk Mobile Division Samsung, bilang akhir Mei lalu, Samsung meluncurkan SGH S-5233. “Penjualannya bagus,” ujar Eric.

Seperti G900, BlackBerry, atau Nokia N97, S-5233 juga gampang mengakses Facebook. “Kami pun menyediakan fitur widget, sehingga mudah meng-upload foto,” kata Eric. Sebelum meluncurkan ponsel seharga Rp 2,49 juta ini, Samsung memang sudah membaca tren Facebook yang mendunia.

http://weekend.kontan.co.id/index.php/read/xml/gadget/2841/demam-facebook-sampai-ke-ponsel-low-end

Tidak ada komentar: